-->

Membuat Beat/Ketukan Drum dengan EZDrummer di FL Studio


Membuat Beat dengan EZDrummer - Selamat sore sahabat blogger semuanya, berjumpa lagi dengan saya guzko di blog tutorial yang sederhana ini. Semoga blog ini bisa memberikan sahabat blogger manfaat dan inspirasi..

Sesuai dengan judul diatas yaitu Membuat Beat dengan EZDrummer. Mungkin dari sahabat blogger ada yang masih bingung bagaimana caranya membuat ketukan drum atau drum pattern di fl studio. Nih berikut saya akan kasi tau bagaimana caranya.

1. Pertama, sahabat sudah harus memiliki software DAW. Disini saya menggunakan FL Studio 12 sebagai software DAW. Ada berbagai macam software DAW diantaranya, Nuendo, Cubase serta yang lainnya silahkan searching sendiri di google. Disini saya tidak menyediakan link software DAW nya, silahkan sahabat blogger googling untuk mendapatkan software tersebut. Dan install.

2. Setelah software DAW sudah sahabat download dan install. Sekarang download lagi plugin ezdrummer. Disini saya juga tidak menyertakan link download untuk pluginnya, silahkan sahabat googling dan pasti akan sahabat temukan bertebaran di google plugin ezdrummer ini.

3. Saya asumsikan semua peralatan sudah siap (software DAW dan plugin ezdrummer). Sekarang buka software DAW (disini saya menggunakan fruity loop 12). Begini tampilan pertama FL Studio 12 :



4. Load plugin ezdrummer dengan cara : klik menu ADD - Chanel - Dfh Sampler, seperti gambar berikut ini :


5. Jika sudah, tunggu sebentar sampai ezdrummer meload semua filenya. Setelah selesai load, sekarang caranya agar komponen drum tersebut bisa masuk ke mixer fl studio adalah dengan klik menu setting pada ezdrummer dan pilih processing seperti gambar berikut ini :


dengan begitu, maka suara ketukan seperti snare, bass drum akan otomatis langsung ke mixer fl studio.

6. Oke sekarang kita akan membuat ketukkan drumnya. Silahkan pilih menu piano roll dengan cara klik kanan di dfh sampler dan pilih piano roll maka akan tampil seperti ini :


caranya membuat gampang sahabat tinggal klik-klik saja di warna kotak abu-abu itu. Jika ingin mendengarkan komponennya tinggal klik gambar piano di sebelah kiri tersebut, jika sudah ketemu komponen yang ingin dibunyikan klik pada kotak abu-abu tersebut.

Untuk membuat pattern ini sebenarnya murni kreativitas kita sendiri, bagaimana kita inginkan bunyi drum tersebut. Gambar diatas adalah hanya contoh sederhana pattern drumnya. Silahkan sahabat melakukan eksperimen disini.

Berikut hasilnya patter diatas, silahkan sahabat dengarkan. sangat sederhana sih memang, tapi ini hanya sebuah contoh.



demikianlah sahabat blogger semuanya tentang tutorial Membuat Beat dengan EZDrummer ini. Semoga artikel ini bisa memberikan sahabat blogger semuanya manfaat dan inspirasi. Jika ada pertanyaan, silahkan jangan sungkan untuk meninggalkan jejak di komentar.

Sekian dulu dari saya, kita berjumpa lagi dilain waktu dengan tutorial yang berbeda. seee....uuuuuu

Click to comment