-->

Export Database ke XML dengan VB.Net

selamat malam sobat blogger semuanya, kembali lagi bersama saya guzko di blog yang sederhana ini. Sesuai dengan judulnya kali ini saya akan sharing mengenai bagaimana caranya melakukan export database ke XML.

pada tutorial ini, saya akan melanjutkan aplikasi yang saya share sebelumnya yaitu tentang "Membuat Aplikasi CRUD dengan VB.Net dan MS Access". Pada aplikasi itu akan saya tambahkan satu fungsi yaitu untuk export database. Bagi agan yang ingin mendownload source code dari tutorial saya tentang crud, bisa download disini.

oke, langsung saja gan begini penampakan aplikasinya setelah saya tambahkan satu button untuk export lagi...


oke langsung saja klik 2x button export dan tambahkan kode sederhana berikut ini :

Private Sub cmdExport_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles cmdExport.Click
        Dim tanya As Integer
        tanya = MsgBox("Database akan di-export ke XML pada direktori aplikasi ini. Apakah yakin ingin export ?", vbQuestion + vbYesNo, "Guzko Tutorial")
        If tanya = vbYes Then
            Try
                Dim ds As New Data.DataSet()
                Dim da As New System.Data.OleDb.OleDbDataAdapter("SELECT * FROM tbKaryawan", cnnOLEDB)
                da.Fill(ds)
                ds.WriteXml(System.Environment.CurrentDirectory & "\dataKaryawan.xml", Data.XmlWriteMode.WriteSchema)
                MsgBox("Database berhasil di-export. dataKaryawan.xml berhasil dibuat", vbInformation, "Guzko Tutorial")
            Catch ex As Exception
                MsgBox("Unknown Error : " & ex.Message, vbCritical, "Guzko Tutorial")
            End Try
        End If
    End Sub

oke selesai gan, silahkan dicoba jalankan. hasilnya seperti ini gan :




oke dech gan, sekian dulu tutorial singkat dari saya....,
semoga ada manfaatnya gan...,lain kali saya sambung lagi tutorialnya.

seee ... uuuuu

Click to comment