-->

Cara Daftar dan Mendapatkan Kode Verifikasi Bing Webmaster


Selamat pagi sahabat blogger semuanya, jumpa lagi dengan saya guzko di blog yang sederhana ini. Mudah-mudahan sahabat blogger bisa mendapatkan banyak keuntungan dan manfaat berkunjung ke blog ini.

Kali ini saya akan memberikan tutorial kepada sahabat blogger semuanya seperti judul diatas yaitu Cara Mendapatkan Kode Verifikasi Bing Webmaster. Sebelum kita melangkah untuk mendaftar Bing, mari kita berkenalan sebentar dengan Bing.

Apa itu Bing Webmaster Tool ?

Bing Webmaster Tool adalah layanan gratis sebagai bagian mesin pencari Bing Microsoft yang mana bisa memungkin bagi seorang webmaster untuk menambahkan situs web mereka, untuk index Crawler Bing. Layanan ini juga menawarkan alat untuk webmaster untuk memecahkan masalah pengindex-an situs web mereka, menambahkan sitemap, pengajuan dan ping alat, statistik website, konsolidasi pengiriman konten dan juga sumber daya masyarakat.

Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Bing_Webmaster_Center
Terjemahan : Google Translate.

oke setelah sahabat blogger semuanya mengetahui apa itu Bing, sekarang saatnya kita melakukan pendaftaran terlebih dahulu di Bing. Langkah-langkahnya seperti berikut ini :

Melakukan registrasi ke website bing webmaster : Bing Webmaster Tool

Jika halaman sudah terbuka sepenuhnya, silahkan isi semua field yang diperlukan dengan data yang lengkap dan benar . Untuk nama pengguna, sahabat blogger diwajibkan menggunakan email. Jika sahabat ingin menggunakan atau membuat email baru klik tautan dibawah field nama pengguna seperti gambar berikut: 


Isi semua data yang diperlukan dengan lengkap, seperti gambar berikut ini :


sahabat blogger juga akan diminta menginputkan kode verifikasi, dimana kode verifikasi tersebut akan langsung dikirimkan ke nomor handphone yang sahabat gunakan untuk mendaftar. Tujuannya untuk memastikan bahwa data yang sahabat blogger inputkan memang benar adanya.


kemudian setelah kode didapatkan dan sahabat inputkan klik buat akun dan jika semua data telah lengkap dan benar , maka akan muncul halaman baru yang menginformasikan bahwa sahabat blogger harus mem-verifikasi alamat email sahabat. Silahkan buka email yang sahabat gunakan untuk mendaftar tadi dan klik tautan yang tersedia seperti gambar dibawah ini :


Jika semua langkah diatas dilakuakn dengan benar maka sahabat akan langsung di-direct ke halaman dashboard Bing Webmaster Tool. Pada halaman dashboard ini silahkan sahabat inputkan alamat blog atau situs sahabat blogger dilanjutkan dengan klik button Add, seperti gambar dibawah ini :



kemudian sahabat blogger juga akan diminta lagi untuk menginputkan data pribadi serta data dan sitemap dari blog atau situs sahabat blogger . Seperti berikut ini :



*NB : 
untuk menambahkan sitemap, gunakan kode berikut : http://nama-situs/blog/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500.
copy teks yang berwarna biru dimana didepannya diawali dengan menggunakan alamat situs atau blog sahabat blogger. Kode diatas hanya untuk blog atau situs yang artikelnya tidak melebihi 500 artikel.

Oke lanjut, jika semua data diatas sudah diisi dengan lengkap dan benar, klik button Save dan sahabat akan diminta untuk melakukan mem-verifikasi bahwa situs atau blog yang sahabat daftarkan diatas adalah memang benar-benar milih sahabat blogger sendiri. Bing menawarkan 3 cara yaitu :

  1. Download XML file ke web server.
  2. Menambahkan Meta Tag dengan Kode dari Bing ke HTML Blog sahabat blogger.
  3. Manambahkan CNAME Record ke DNS

silahkan sahabat tentukan mau menggunakan metode yang mana, contoh disini saya akan menggunakan metode yang kedua yaitu dengan menambahkan meta tag. Jika sobat menggunakan cara yang kedua, maka silahkan sobat copy code meta name tersebut ke blogger sahabat. Contoh kode dari saya : <meta name="msvalidate.01" content="DF106B697EB1E676143710027006F300" />

*NB
Klik Verify jika sahabat blogger sudah melakukan salah satu dari metode diatas.

Cara Menginputkan Kode Meta Tag ke HTML Blogger

Masuk ke blogger, kemudian pilih menu Template dan Edit HTML seperti gambar berikut : 


dan letakkan kode yang di-copy tadi dibawah head (atau bisa dikumpulkan sederet dengan kode verifikasi dari webmaster lain ) seperti yang saya tandai dengan kotak merah, seperti berikut ini :


jika sudah simpan template dan sekarang sahabat blogger balik lagi ke website Bing tadi dan tekan verify. Dan Jika Sukses maka beginilah tampilan Home dari Bing Webmaster Tool : 


oke selesai deh.
demikianlah sahabat blogger tutorial dari saya tentang Cara Daftar dan Mendapatkan Kode Verifikasi Bing Webmaster. Semoga tutorial ini bisa memberikan sahabat blogger manfaat.

Kita ketemu lagi dilain waktu dengan tutorial yang berbeda.

seee....uuuuuu

1 komentar:

avatar

Tutor e jelas dan langsung work...makasih mas bro..


baca disini tentang bipolar

Click to comment