-->

Simple Password Generator dengan Menggunakan C#


Simple Password Generator dengan Menggunakan C# - Selamat sore sahabat blogger semuanya, berjumpa lagi dengan saya guzko di blog yang sederhana ini. Semoga kunjungan para sahabat blogger semuanya ke blog saya ini bisa memberikan sahabat semuanya manfaat dan inspirasi.

Seperti judul saya diatas yaitu Simple Password Generator dengan Menggunakan C#, saya akan coba untuk membagikan tutorial yang sangat sederhana dalam membuat password random. Cara yang saya gunakan pada kode ini pun sangat sederhana. Baiklah langsung saja, sahabat praktekkan.

Buka Visual Studio
Buka visual studio sahabat blogger dan buat project baru (ingat untuk memilih C# dalam membuat project ini). Kemudian silahkan sahabat design tampilannya seperti berikut ini :


Peng-codingan
Jika sudah selesai mendesign, sekarang saatnya kita melakukan tahap peng-codingan. Pertama tambahkan global variable berikut ini :
int passLength = 0;
variable tersebut berfungsi untuk menentukan panjang password acak nantinya.

setelah itu, sekarang kita buat sebuah fungsi yang digunakan untuk mengacak huruf yang sudah kita tentukan pada aplikasi. Inputkan fungsi berikut ini :
static string Shuffle(string input)
        {
            var q = from c in input.ToCharArray()
                    orderby Guid.NewGuid()
                    select c;
            string s = string.Empty;
            foreach (var r in q)
                s += r;
            return s;
        }

lanjutkan dengan klik 2x pada komponen trackbar dan inputkan kode berikut ini :
{
            passLength = trackBar1.Value + 1;
            lblPanjangPass.Text = passLength.ToString();
        }

untuk merubah pangjang nilai/value dari trackbar, ubah pada bagian property name. Caranya, klik pada trackbar dan ganti propery name maximum dengan angka yang sahabat inginkan, seperti gambar berikut ini :


Kode terakhir dari aplikasi ini, klik 2x pada button kemudian inputkan kode berikut ini :
txtPassword.Text = "";
            string text = "aAbBcCdDeEfFgGhHiIjJhHkKlLmMnNoOpPqQrRsStTuUvVwWxXyYzZ01234567890123456789,;:!*$@-_=,;:!*$@-_=";
            text = Shuffle(text); 
            text = text.Remove(passLength); 
            txtPassword.Text = text;

tahap peng-codingan sudah selesai, sekarang silahkan sahabat coba jalankan aplikasi mini tersebut. Berikut sekilas penampakan dari aplikasi yang kita buat :



demikian tutorial Simple Password Generator dengan Menggunakan C#. Semoga tutorial ini bisa memberikan inspirasi bagi sahabat. Jika ada sahabat yang masih belum mengerti tentang aplikasi diatas silahkan jangan segan-segan untuk meninggalkan jejak di komentar.

Untuk mendownload source code lengkap dari aplikasi ini, sudah saya sediakan link dibawah ini. Itu saja dulu saya, kita berjumpa lagi di lain waktu dengan tutorial yang berbeda.... seeee...uuuuuu




Click to comment