-->

Pengenalan Game Construct 2

Pengenalan Game Construct 2

Kalian suka main game? apakah pernah terlintas dibenak kalian ingin membuat sebuah game tapi tidak mengerti bahasa pemrograman ? gimana donk? ada pepatah bilang "semasih ada niat, tidak ada yang tidak mungkin". Yaps, bener banget, walaupun kalian tidak bisa atau tidak mengerti bahasa pemrograman, kalian masih bisa menciptakan sebuah game. Caranya ? Jawabannya Game Construct 2. Simak terus penjelasannya dibawah ini.

APA ITU GAME CONSTRUCT 2 ?

Game Construct 2 adalah editor game 2D yang berbasis HTML5. Game Construct 2 ini merupakan sebuah game engine yang bisa digunakan untuk membuat game hybrid dalam artian bisa untuk berbagai macam platform. Game Construct 2 ini dikembangkan oleh Scirra Ltd. Software ini ditujukan terutama untuk non-programmer dan jika seandainya kalian awam tentang bahasa pemrograman pun kalian masih bisa menggunakan Game Construct 2 ini untuk membuat sebuah game. Karena dalam peng-aplikasian software ini, kalian bisa membuat game dengan cepat, dimana kalian hanya tinggal drag and drop menggunakan editor visual dan sistem logika berbasis perilaku. Game Construct 2 ini tidak menggunakan bahasa pemrograman khusus, karena semua perintah yang digunakan dalam game ini dibuat dan dikontrol dalam sebuah EventSheet yang terdiri dari Event dan Action. Lantas apa saja sih fitur-fitur yang ada dalam Game Construct 2 ini ? Penasaran bagaimana sih penampakan dari Game Construct 2? dibawah ini merupakan tampilan dari Construct 2.

TAMPILAN GAME CONSTRUCT 2

Pengenalan Game Construct 2

Penjelasan :

Pada Nomor 1, meruapakan start screen awal dari Game Construct 2 ini. Pada start screen ini berisi dengan Project Example. Project Example ini berisi dengan template-template game yang dibuat oleh Scirra sendiri, terdiri dari level dasar sampai mahir untuk template tersebut. Kalian juga bisa mengembangkan game menggunakan template tersebut. Recent Projects, berisi dengan daftar project game yang telah kita kerjakan sebelumnya.

Pada Nomor 2, pada bagian ini berisi dengan konfigurasi dari project game yang kita buat. Dimana sebelum nanti kita melakukan export game kita harus mencantumkan informasi-informasi berupa :
  • Name : pada bagian ini isi dengan nama dari aplikasi atau project game kalian.
  • Version : isi dengan versi dari game yang telah kalian buat.
  • Description : berikan informasi kepada user, game tentang apa yang kalian buat tersebut.
  • ID : merupakan id package game kalian, misalnya : com.gudio.latihan 
  • Author : isi dengan nama anda atau nama group anda 
  • Email : isi dengan informasi email dari developer
  • Website : kalau yang ini bisa opsional 
Pada Nomor 3 Diatas, merupakan pengaturan dari poject yang kita buat, dimana terdapat menu :
  • First Layout
  • Use Loader Layout 
  • Preview Effect
  • Windows Size  
Pada Nomor 4,  berisi dengan konfigurasi-konfigurasi dari game yang kalian buat. Pada bagian ini berisi beberapa pengaturan dimana seperti Orientation yaitu pengaturan untuk menentukan apakah game atau aplikasi kalian akan ditampilkan dalam bentuk Potrait (berdiri) atau Landscape (datar), kemudian kalian juga bisa melakukan pengaturan kualitas dari graphic kalian pada bagian ini.

Pada Nomor 5, pada bagian ini berisi dengan layout-layout maupun event sheet yang digunakan dalam membuat game. Layout merupakan layar dimana kalian menempatkan object-object yang kalian gunakan dalam game kalian seperti button, sprite, teks dan lain sebagainya. Event Sheet, event sheet ini akan berisi dengan event-event yang akan digunakan untuk menjalankan game yang kalian buat. Layout dan Eventsheet ini saling terkait namun satu eventsheet bisa terdiri dari beberapa layout tergantung game yang kalian buat nantinya. Berikut dibawah ini merupakan tampilkan evensheetnya :

Pengenalan Game Construct 2

diatas merupakan event sheet dari sebuah contoh game. Seperti yang kalian lihat diatas, event sheet berisi dengan kumpulan fungsi ataupun kode yang akan digunakan untuk game kalian. Namun, biasanya kalau dengan menggunakan bahasa pemrograman lain, kode program diketik, namun pada Game Construct 2 ini, kode atau event ini dibuat dengan hanya tinggal klik dimana menu-menu sudah ada. Saya tidak akan menjelaskan panjang lebar disini tentang event sheet ini, ini akan kita bahas sekalian nanti pada tutorial membuat game nanti.

Sekilas tampilan dari Game Construct 2 ini simple dan mudah untuk dipahami oleh orang awam sekalipun. Setelah kita melihat tampilan awal dan sekilas pengaturan konfigurasinya, sekarang kita akan bahas, apa saja sih fitur-fitur dari construct 2 ini. 

FITUR-FITUR GAME CONSTRUCT 2 

1. CEPAT DAN MUDAH
dengan adanya tampilan yang sederhana yang membuat user atau pengguna menjadi lebih gampang atau mudah dalam meng-operasikan software engine ini. Dengan adanya antarmuka yang simple ini membuat perancangan game kalian akan semakin menjadi mudah dant tentunya kalian hanya tinggal drag and drop ke bagian layout. Dan apa yang tampil di layout adalah yang akan tampil pada game kalian nantinya.

2. POWERFULL EVENT SYSTEM
Game Construct 2 ini dapat membuat game dengan cara yang sangat gampang dimana kalian yang menggunakan software engine ini tidak mengharuskan kalian untuk memiliki pengetahuan dibidang pemrograman, karena seperti yang dijelaskan tadi, kalian hanya perlu melakukan drag n drop. Game Construct 2 ini memiliki eventsheet dimana didalam evensheet ini berisi kode-kode, triger atau pemicu untuk menjalankan game yang kalian buat.

3. BEHAVIORS
behaviors ini merupakan cara instan untuk menambahkan kemampuan object, mempercepat pembangunan atau pembuatan game kalian serta memberikan efisiensi dalam penggunakan kode. dibawah ini ada tampilan dari behaviours yang ada dalam construct 2 :

Pengenalan Game Construct 2
  
kalian bisa menambahkan behaviours yang lainnya yang kalian inginkan dimana kalian bisa temukan berbagai macam behaviors atau plugin di internet.

4. PREVIEW INSTAN
untuk menjalankan atau menampilkan project yang kita buat, kita hanya tinggal menekan button start untuk menampilkan preview dari game yang kita buat. Ketika kita melakukan preview maka game kita akan ditampilkan pada browser, kenapa di browser? karena game engine ini adalah basic nya HTML5. Selain dari browser, kalian juga bisa melakukan preview game yang kalian buat langsung dari smartphone kalian tanpa harus melakukan build game terlebih dahulu. Sehingga kalian akan menjadi lebih mudah apakah game yang kalian telah design telah sesuai untuk perangkat smartphone atau belum. Untuk tutorial bagaimana caranya melakukan preview langsung dari smartphone akan saya bahas nanti.


Pengenalan Game Construct 2
 
5. MULTI PLATFORM EXPORT
pada saat kalian akan melakukan export game ini, kalian bisa menentukan ke platform apa yang akan kalian build game ini. Kalian bisa melakukan export untuk Website, Mobile maupun Desktop. Seperti gambar dibawah ini :

Pengenalan Game Construct 2

dari menu diatas, seperti yang kalian lihat, ada banyak pilihan untuk melakukan export. Jadi dengan menggunakan Game Construct 2 ini kalian bisa membuat game ke website, mobile dan desktop hanya dengan satu kali pembuatan. Untuk cara build nya, nanti akan saya bahas di tutorial selanjutnya.

Okay guys, demikian dulu artikel saya ini tentang Pengenalan Game Construct 2 ini, semoga bisa memberikan manfaat bagi kalian semuanya. Berikut dibawah ini adalah salah satu game yang saya buat dengan menggunakan Game Construct 2.

GAME YANG DIBUAT DENGAN ENGINE CONSTRUCT 2

Crazy Plane - Save The World

Crazy Plane - Save The World

Crazy Plane - Save The World

Crazy Plane - Save The World

Crazy Plane - Save The World

Crazy Plane - Save The World

Crazy Plane - Save The World
  


Crazy Plane - Save The World
1.0.2
Game Android



Crazy Plane - Save The World
1.0.2
Game Android


Ok guys, sekian dulu artikel ini, semoga dengan memainkan game ini kalian bisa menjadi terhibur dan menghabiskan waktu luang. Bila berkenan dan kalian merasa artikel ini berguna kalian bisa share artikel ini ke medsos kalian. Oke, sampai ketemu lagi di artikel selanjutnya...

Click to comment