-->

What?! Membuat artikel harus 2000 kata

What?! Membuat artikel harus 2000 kata
What?! Membuat artkel harus 200 kata - Logo

What?! Membuat artikel harus 2000 kata - halo selamat pagi sobat blogger semuanya, terimakasih sudah berkunjung ke blog saya yang sederhana ini. Semoga blog saya yang sederhana ini bisa memberikan sobat bloger semuanya manfaat atau mungkin bisa memecahkan masalah yang selama ini sahabat blogger temukan. Blog Gudio Tutorial ini membahas tentang tutorial, dunia programming, membuat program, blogging dan lain sebagainya yang berhubungan dengan teknologi.

Untuk kesempatan kali in, saya akan membuat artikel seperti judul diatas yaitu : What?! Membuat artikel harus 2000 kata. Terus apa maksudnya artikel ini "What?! Membuat artikel harus 2000 kata". Hehe, entah kenapa saya kepikiran untuk membuat artikel ini dikarenakan saya mendapatkan email dari Google. Email seperti apa itu? Penasaran? baca terus artikelnya sampai akhir dan bila berkenan, mungkin bisa di share artikel ini sebanyak-banyaknya untuk memberikan informasi juga kepada sahabat blogger lainnya. Oke langsung saja ke pembahasan.

Berapa Panjang Artikel yang Idel Diterapkan Pada Setiap Postingan?
Mungkin kalau sobat blogger bertanya seperti pertanyaan diatas, sobat blogger akan menemukan berbagai variasi jawaban berapa sebenarnya panjang kata-kata yang digunakan untuk setiap artikel yang kita posting pada blog. Karena google sendiri tidak menentukan jumlahnya, CMIIW (Correct Me If Im Wrong), hanya saja Google memberikan tips "Gunakan lebih banyak teks, tidak hanya gambar atau video". Itu salah satu kutipan atau saran yang diberikan Google ke saya dalam bentuk email terkait, blog saya ini yang tidak kunjung mendapat persetujuan Adsense. (lah kox jadi curhat sih .., oke back to the topic).

Setelah saya baca sana sini, saya sendiri menyimpulkan (ini menurut pendapat saya ya bro, kalau salah mohon maaf) kalau kita membuat artikel itu tergantung dari minat pembaca blognya kita dan tentunya juga artikel apa yang kita buat pada postingan kita. Kalau artikelnya kita bermanfaat dan enak dibaca, lebih-lebih bisa memecahkan masalah dan memberikan solusi kepada orang yang berkunjung ke blog kita, kemungkinan mereka akan baca artikel kita dari awal sampai habis walaupun artikel yang dibuat lumayan panjang. Namun saya juga pernah membaca disalah satu blog dimana katanya, jika artikel kita ingin cepat ke index oleh google, maka kita harus membuat artikel yang panjang, mungkin sekitar >700 kata. Ingat ya, 700 kata bukan karakter. Karena mungkin sobat blogger sedikit bingung dalam hal membedakan karakter dan kata itu.

Terus, idealnya berapa? kox muter-muter? hahaha, santai bro, selow..., jadi kalau menurut saya pribadi, artikel yang bagus dan ideal itu terdiri dari 500 sampai dengan 700 kata pada artikel yang kita posting.

APA SAJA YANG MEMPENGARUHI ?
Namun ada beberapa hal yang mungkin bisa mempengaruhi panjang atau pendeknya kita membuat suatu artikel. Kapan kita membuat artikel yang panjang, kapan kita membuat artikel yang pendek.

1. Minat Pembaca
jadi mungkin ini lumayan penting untuk kita perhatikan. Tentunya kita sebagai pembuat artikel, mengetahui artikel kita yang mana yang mendapat banyak perhatian dari pembaca, apakah artikel yang panjang atau artikel yang kita buat pendek? Mungkin, sobat sebagai content creator (udah kayak youtuber aja nih) bisa melihat pada bagian postingan, seberapa banyak respon user atau pembaca pada artikel yang kita buat. Dibawah ini, merupakan contoh postingan atau artikel saya, yang mendapat respon lumayan tinggi.


What?! Membuat artikel harus 2000 kata
What?! Membuat artikel harus 2000 kata - Contoh Artikel

2. Artikel Apa yang dibuat?
Mungkin faktor ini juga akan mempengaruhi, jumlah atau panjangnya artikel yang dibuat. Kalau artikel yang sobat buat merupakan artikel tutorial atau yang lebih dikenal dengan sebuatan "How To", mungkin artikel yang sobat buat akan menjadi panjang dan memiliki jumlah kata yang banyak. Karena artikel tutorial tentunya menjelaskan secara rinci mulai dari awal sampai akhir. Kalau artikel curhat? haha, tergantung curhatannya sih...

3. Tujuan Artikel yang dibuat
ini beda lagi sob, kalau membuat artikel yang kita tujukan untuk SEO, mungkin panjang artikel minimal 800 kata.

Jadi mungkin itu faktor yang mempengaruhi panjang pendek artikel yang kita buat. Semuanya kembali lagi kepada kita selaku pembuat artikel, mau dibawa kemana artikel kita ini ? (udah kayak judul lagu aja...hahaha). Mungkin juga diantara kita selaku penulis ada tipikal yang update blog nya setiap hari dengan rata-rata panjang artikelnya sekitar 500 kata atau mungkin ada juga diantara kita yang tipikal meng-update blog kita setiap minggu sekali namun dengan panjang yang bisa sampai 2000 kata mungkin. Tapi biasanya pembuat artikel yang melakukan update seminggu sekali biasanya menulis artikelnya tidak satu hari, bisa jadi 2 sampai 3 hari. Misal hari ini nulis, buntu ide, besoknya lanjut lagi. Dan tentunya artikel yang mereka buat juga pasti berbobot pastinya.

JADI KESIMPULANNYA BAGAIMANA?
Mungkin ada beberapa diantara kalian yang mengeluh, ini artikel apaan sih kox gaje sekali? hahahah, santai santai bro, woles... kita langsung saja menuju ke kesimpulan dari tulisan saya ini :

Panjang Artikel Target Artikel
75 sampai 300 kata Artikel ini merupakan artikel yang pendek yang cocoka digunakan untuk diskusi suatu topik. Biasanya artikel jenis ini akan jarang untuk dishare apalagi untuk keperluan SEO, sangat tidak disarankan. Tentunya traffic untuk jenis artikel pendek seperti ini akan menjadi rendah
300 sampai 600 kata Blog dengan panjang kata seperti ini, bisa dikatakan blog standar yang mungkin banyak direkomendasikan oleh para blogger-blogger expert lainnya dan mungkin juga akan mendapatkan jumlah share dan komentar yang lumayan dan juga artikel dengan panjang seperti ini susah untuk di-noted oleh google, karena mungkin akan dianggap belum cukup memuaskan para pembaca
750 kata artikel dengan jumlah kata seperti ini merupakan artikel dengan jumlah kata yang paling ideal, CMIIW
1000 sampai 1500 kata artikel dengan panjang seperti ini merupakan artikel yang cukup panjang serta cukup detail dalam pembahasannya tapi mungkin akan sedikit ada viewer yang komen. Karena artikel ini tentunya akan menjelaskan dari awal sampai akhir secara detail, sehingga bagi viewer tidak ada lagi bahan untuk ditanyakan atau didiskusikan.
2500 kata yang nulis artikel dengan panjang 2500 atau bahkan lebih, ini merupakan penulis gokil dan bahannya untuk artikel sangat banyak. Saya nulis artikel dengan 700 kata saja sudah bingung mau nulis apalagi, (curhat lagi...) Dan tentunya google juga menyenangi artikel yang panjang seperti ini karena cepat ter-index

Jadi bagaimana sobat blogger semuanya? semua tergantung ke sobat lagi untuk apa tujuan dibuatnya artikel sobat. Jika berkenan bisa share tulisan ini dan semoga kita semua bisa menjadi orang yang sukses dalam bidang yang kita tekuni. Oya mau tau berapa jumlah kata dalam artikel saya ini? dibawah ini gambarnya :

What?! Membuat artikel harus 2000 kata
What?! Membuat artikel harus 2000 kata - Total Karakter


Oke, sampai disini dulu artikel saya ini. Jujur ini artikel yang saya buat sampai bingung harus nulis apa lagi. Semoga tulisan ini bisa memberikan sobat blogger semuanya manfaat dan sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

Click to comment