-->

Membuat Scroll pada Blog Archive di Blogger

halo sobat blogger semuanya, kembali lagi bersama ane guzko. Kita bertemu kembali di coretan coretan kecil yang mungkin sedikit bermanfaat ini.
oke gan, kali ini ane mau share bagaimana sih caranya membuat scroll bar pada blog archive di blogger ? mungkin agan agan yang membuat blog dengan menggunakan blogger dan memasang widget blog archive pasti pernah menyadari akan hal ini dimana tulisan tulisan yang kita buat di blog akan terus memanjang ke bawah kalau kita menggunakan mode hierarki. Kalau menggunakan mode dropdown atau flat sih gak masalah, yang jadi masalah itu ketika kita menggunakan mode hierarki.

mode hierarki itu kayak gini gan (mungkin ada yang belum paham maksud ane) :


mode ini akan menampilkan tulisan yang kita buat di blog per bulan, jadi bayangin aja kalau dalam sebulan kita membuat misalnya 20 atau lebih posting, pastinya akan pangjang kebawah dan tentunya membuat blog jadi kurang menarik.

jadi itu dia gan inti dari permasalahan yang akan ane coba untuk sharing ke agan agan sekarang, bagaimana caranya agar blog archive itu memiliki scroll bar sehingga membuat blog tetap cantik.
langsung aja gan gini caranya :

1. pertama agan tentunya login ke blogger.com dulu.
2. masuk ke menu template dan pilih edit html
3. kemudian pada pilihan lompat ke widget, pilih blog archive seperti gambar dibawah ini :

4. klik tanda panah kesamping, untuk menampilkan kode kebawah seperti ini :

5. setelah itu agan tambahkan kodenya menjadi seperti ini (tambahkan kode script seperti yang ane tandai dengan kotak merah) :

6. setelah itu agan simpan template yang telah diedit tadi dan lihat kembali blog agan, jreng....jreng....
sekarang blog archive sudah berisi scroll bar.


oke dech gan sekian dulu tutorial singkat dari ane, mudah mudahan ini bisa membantu agan agan semuanya. bila ada yang gagal dalam penerapan kode diatas atau masih bingung bisa langsung tinggalkan jejak di kolom komentar...

see .uuuuuu

Click to comment