-->

Cara Membuat Database di Micosoft Access 2007

halo sobat bloger semuanya, ketemu lagi dengan saya guzko di blog yang sederhana ini. mudah-mudahan kunjungan agan ke blog ini bisa menjadi bermanfaat.

kali ini saya akan share mengenai bagaimana sih cara membuat database di microsoft access ? mungkin bagi yang sudah terbiasa tidak akan mempersalahkan hal ini, namun tidak ada salahnya ya gan kalau saya hanya sekedar berbagi, hehe...

1. oke langsung saja, buka microsoft access agan (Microsoft Access ini otomatis terinstall ketika agan menginstall Microsoft Office jadi satu bundle). disini saya menggunakan versi yang 2007, tampilannya seperti ini gan :


2. terdapat banyak berbagai macam template yang dapat agan pilih untuk membuat database. Jika tidak mengerti bagaimana caranya menggunakan template database, pilih saja Blank Database gan seperti gambar yang dilingkari warna merah. Jika sudah terpilih maka agan tentukan nama database yang akan dibuat serta lokasi penyimpanannya.


3. jika sudah menentukan nama dan lokasi, klik create dan akan tampil halaman baru. Disinilah agan akan mendesain database agan, apa saja yang akan terdapat pada database yang akan dibuat, pengaturan primary key (PK) atau foreign key (FK). Klik kanan table1:table dan pilih design view seperti ini :



4. tentukan nama tabelnya dan jika sudah, silahkan agan buat field name / nama kolom / kolom-kolom apa saja yang akan agan gunakan. contoh , disini saya akan membuat tabel karyawan dengan data seperti berikut :

  • idKaryawan
  • namaKaryawan
  • alamatKaryawan
  • noTelpKaryawan
  • posisi

kemudian silahkan agan tentukan type data dan field sizenya. Jika sudah selesai tinggal agan simpan dan tabel itu sudah siap dikoneksikan dengan aplikasi...


jika agan ingin menambahkan tabel lagi, pilih menu create diatas kemudian pilih tabel sperti gambar berikut :



dan lakukan langkah-langkah dalam pembuatan tabel sebelumnya diatas.

demikian dulu dech gan tutorial singkat dan sederhana saya dalam pertemuan kali ini, lain waktu akan saya share bagaimana caranya membuat koneksi database mircrosoft access dengan vb.net.

seee... uuuuu


Click to comment