-->

Membuat Koneksi VB.Net dengan Database Microsoft Access

selamat siang sahabat blogger semuanya, berjumpa lagi dengan saya di blog yang sederhana ini dan semoga kunjungan agan-agan semuanya di blog ini bisa memberikan agan manfaat.

sesuai judulnya gan, kali ini saya akan share bagaimana caranya membuat koneksi vb.net dengan database microsoft access. untuk cara membuat database microsoft access sudah saya jelaskan sebelumnya atau agan bisa lihat disini : Cara Membuat Database di Microsoft Access 2007 .

saya asumsikan database access sudah terbuat, maka silahkan sekarang agan buka visual studio agan dan buat sebuah project baru dan buat sebuah button dengan nama cek koneksi.

kemudian sekarang agan masuk ke bagian coding dan ketik kode import berikut ini :
Imports System.Data
Imports System.Data.OleDb

kemudian ketikkan kode berikut dibagian deklarasi:

Dim cnnOLEDB As New OleDbConnection
    Dim cmdOLEDB As New OleDbCommand
    Dim cmdInsert As New OleDbCommand
    Dim strConnectionString = "Provider=Microsoft.Jet.OLEDB.4.0;Data Source=" & System.Environment.CurrentDirectory & "\dbHistory.mdb"


kode diatas berfungsi untuk mendeklarasikan variabel yang diperlukan untuk database serta membuat koneksi stringnya.

kemudian klik 2x pada button dan inputkan kode berikut ini :

Try
            cnnOLEDB.ConnectionString = strConnectionString
            cnnOLEDB.Open()

            MsgBox("Database Sukses Terkoneksi", vbInformation, "Guzko Tutorial")
        Catch ex As Exception
            MsgBox("Unknow Error : " & ex.Message, vbCritical, "Guzko Tutorial")
        End Try

fungsinya kenapa saya taruh di try catch agar saya bisa mengetahui letak error dari aplikasi. Jadi jika sukses terkoneksi dengan database maka akan tampil messagebox sukses dan sebaliknya jika terjadi kegagalan koneksi maka akan tampil pesan error.

silahkan agan jalankan aplikasi tersebut, gambar dibawah ini menunjukkan jika kondisi pada saat sukses dan gagal koneksi :



oke sekian dulu dech gan tutorial singkat dari saya, semoga bermanfaat. untuk pertemuan selanjutnya akan saya share tutorial bagaimana caranya membuat aplikasi CRUD (Create, Update dan Delete / Tambah, Perbaiki dan Hapus) dengan menggunakan database Microsoft Access.

seee ..uuuuuuu

Click to comment