-->

Cara Menjernihkan Rekaman HP dengan Adobe Audition

Menjernihkan Rekaman HP dengan Adobe Audition - Selamat sore sahabat blogger semuanya. Kembali lagi bersama saya guzko di blog sederhana ini. Semoga blog ini memberikan manfaat dan inspirasi bagi sahabat blogger semuanya.

Sesuai dengan judul diatas Menjernihkan Rekaman HP dengan Adobe Audition, kali ini saya akan mencoba untuk sharing pengetahuan saya bagaimana menghilangkan noise atau menjernihkan rekaman dengan software adobe audition. Mungkin sahabat blogger pernah merekam dengan menggunakan handphone. Entah itu merekam vocal ataupun mungkin merekam suara gitar sahabat atau mungkin merekam yang lainnya. Jika rekaman dengan menggunakan handphone, sudah pasti bakalan ada noise nya kan. Noise itu suara berisik yang terjadi di sekitar lokasi kita merekam (suara berisik yang saya maksud disini bukan suara orang, hehe).

Pada trik kali ini, saya menggunakan contoh dimana saya merekam suara gitar saya dengan menggunakan handphone. Hasilnya seperti dibawah ini :



file audio diatas adalah yang masih terdapat noise nya. File itulah yang akan kita lakukan uji coba untuk menghilangkan noisenya. Bagaimana sudah siap sahabat ?
Alat yang dibutuhkan :
1. Laptop atau Komputer
2. Software Adobe Audition (kalau saya menggunakan yang versi CS6)

Cara Menghilangkan Noise dengan Adobe Audition

Buka adobe audition sahabat dan open file yang akan dihilangkan noisenya seperti gambar berikut ini:



Jika sudah dibuka, lihat di bagian kosong pada rekaman, biasanya akan ada garis lurus (bagian yang senyap), sebelum rekaman mulai seperti gambar dibawah ini. Bagian yang saya tandai adalah bagian yang kosong/senyap yang akan digunakan sebagai sample untuk menghilangkan noise :


seleksi bagian kosong tersebut dengan cara klik dan seret kursor dari awal sampai bagian akhir yang kosong seperti berikut ini :


kemudian klik menu Effects - Noise Reduction/Restoration - Capture Noise Print seperti gambar dibawah ini :


Oke bagaimana sahabat ? sudah ? jika sudah, sekarang seleksi semuanya file audio tersebut dengan cara tekan Ctrl+A pada keyboard, hingga semua terseleksi. Kemudian pilih kembali menu Effects - Noise Reduction/Restoration - Noise Reduction (Process). Kemudian tinggal klik apply pada jendela yang muncul seperti gambar dibawah ini :


oke sahabat blogger, tahap pertama selesai. Coba sekarang dengarkan file tersebut apakah noisenya sudah hilang? pastinya sudah donk. Apakah sahabat blogger masih belum puas dengan hasil tersebut? jika belum, sahabat masih bisa melakukan pengaturan lain lagi pada effect rack berikut ini. Jika effect rack tidak tampil pada aplikasi, silahkan pilih menu Effects - Show Effects Racks. Dan klik menu yang saya tandai seperti gambar dibawah ini :


akan tampil pilihan, sahabat tinggal pilih menu Filter and EQ - Parametric Equalizer maka akan tampil jendela baru. Pada pilihan preset terdapat banyak fitur yang disediakan. Karena saya disini menggunakan gitar akustik untuk rekaman, maka saya pilih preset nya untuk accoustic gitar. Namun jika hasil rekaman sahabat merupakan vocal, pilih saya preset vocal. Seperti gambar dibawah ini :


tutup jendela tersebut dan kembali ke menu effect racks, klik button apply seperti gambar dibawah ini:


oke sekian sahabat blogger tahapannya. Bagaimana? mudah bukan untuk menghilangkan noisenya. Namun jika sahabat belum puas juga dengan hasilnya, sahabat bisa bereksperimen sendiri dengan menggunakan berbagai macam effect yang disediakan oleh adobe audition. Setelah melakukan langkah tersebut, maka hasil file yang saya contoh diatas akan seperti berikut :



Demikianlah sahabat blogger cara menjernihkan rekaman dengan adobe audition. Semoga tutorial yang saya berikan ini bisa bermanfaat bagi sahabat semuanya. Silahkan tinggalkan jejak pada kolom komentar. Kita berjumpa lagi dilain waktu dengan tutorial yang berbeda.

seee...uuuuuuu

Click to comment